Selasa, 18 Agustus 2020

PENGERTIAN PROXIMITY SENSOR JENIS DAN FUNGSINYA


Sensor proximity adalah suatu alat atau sistem yang dapat mendetekssi adanya benda atau target berjenis logam tanpa adanya kontak fisik. Tanpa kontak fisik disini adalah pada mata sensor atau biasa disebut elektronis solid state terbungkus material pelindung yang berfungsi melindungi bagian ini dari benturan maupun kotoran.
Selain mendeteksi keberadaan logam sensor ini juga dapat mendeteksi material non logam. Perlu di ingat bahwa sensor proximity hanya dapat mendeteksi keberadaan benda dan bukan mengukur besaran benda. Jadi kita tidak dapat mendeteksi atau mengukur jarak maupun besar atau ukuran benda tersebut.
Dari prinsip kerjanya Proximity sensor dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

1. Inductive Proximity

Indictive proximity adalah sensor proximity yang hanya dapat mendeteksi material logam. Prinsip kerja dari proximity jenis ini adalah ketika sensor diberi supply atau tegangan maka sensor akan membangkitkan medan magnet. kemudian medan magnet yang dipancarkan oleh sensor ini apabila mengenai material yang berupa logam maka akan terjadi perubahan medan magnet dan perubahan medan magnet ini lah yang akan dideteksi sensor dan memberikan informasi bahwa terdapat material logam yang berada dekat dengan senor.
Kelemahan sensor ini adalah karena menggunakan prinsip medan magnet jarak yang dapat dideteksi sangat terbatas bahkan hampir menempel. Sehingga dalam proses pemasangan sensor sangat sulit karena apabila ada kesalahan sedikit saja maka sensor dapat rusak karena dapat tertabrak logam yang akan dideteksi. Demikian pula jika material yang akan dideteksi kotor maka otomatis sensor akan cepat kotor dan akan mempengaruhi atau mengurangi jarak kerja sensor atau bahkan sensor gagal bekerja.

2. Capasitive Proximity

Capasitive Proximity merupakan jenis proximity yang dapat mendeteksi benda logam maupun non logam. Prinsip kernya dalah mendeteksi perubahan nilai kapasitansi medan listrik pada kapasitor yang disebabkan oleh adanya obyek yang mendekatinya. Perubaha nilai kapasitansi pada capasitor ini dapat dipengaruhi oleh material logam maupun non logam sehingga sensor ini dapat mendeteksi keberadaan benda logam dan non logam. Karena dapat mendeteksi logam dan logam dengan jarak tertentu ini lah sehingga sensor jenis ini biasa dipasang sebagai sensor parkir mobil.

Untuk macam-macam jenis sensor proximity di pasaran terdapat banyak sekali pilihan namun secara garis besar hanya terdapat 2 jenis diatas. macam-macam type dipasaran meliputi jenis output dia NPN maupun PNP, Normaly open atau Normaly Close, Supply tegangan yang dibutuhkan, Jarak deteksi, Material bahan pembungkus sensor, Bentuk dan ukuran sensor dan lain sebagainya.
Oleh sebab itu kita harus teliti dalam pemilihan jenis sensor yang akan kita pakai.
semoga penjelasan diatas dapat membantu
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar