Selasa, 18 Agustus 2020

PENGERTIAN SENSOR JENIS DAN FUNGSINYA


Dalam kehidupan sehari-hari sering kita berhubungan dengan yang namanya sensor. Baik sensor dalam hal elekronika maupun sensor yang biasanya muncul dalam setiap awal film hmmmm.
Kali ini kita akan membahas tentang sensor dalam elektronika dan bukan sensor film karena terlalu banyak perdebatan dalam sensor film he he he..
Sensor dalam elektronika banyak sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika kita masuk mall dan pintu membuka otomatis tentu itu karena adanya sensor, juga waktu kita menyalakan televisi dengan remote itu kita juga menggunakan teknologi sensor ini.
Lalu apakah sebenarnya sensor itu??
Sensor adalah perangkat atau sistem yg berfungsi mendeteksi perubahan besaran fisik seperti cahaya,suhu, medan magnet, dan lainya dan mengubahnya menjadi besaran yg dapat di ukur manusia baik secara langsung maupun melalui peralatan atau sistem yang di transmisikan secara elektronik sehingga menjadi informasi yang dapat diterima atau dimanfaatkan oleh kita para penggunanya.
Dalam penggunaan sesor untuk sistem elektronika, sensor dapat dibedakan menurut input atau supplynya yaitu sensor aktif dan pasif

1. Sensor Pasif
Sensor pasif adalah sensor yang dapat mendeteksi perubahan besaran fisik dan mengubahnya menjadi sinyal listrik tanpa adanya supply atau arus listrik.
Contoh dari type sensor ini adalah Therocouple, thermocouple dapat mendeteksi perubahan suhu tanpa memerlukan supply ke sensor.

2. Sensor Aktif
Sensor Aktif adalah sensor yang dapat bekerja apabila ada supply atau arus listrik eksternal. ini berarti sensor jenis ini dapat dihidupkan dan dimatikan sesuai dengan supply yang kita berikan.

Sedangkan menurut output atau keluaranya sensor dapat dibedakan menjadi Sensor analog dan Sensor Digital.

1. Sensor Analog
Sensor analog adalah sensor yang menghasilkan keluaran yang kontinyu sebading dengan besaran yang diukur. Contoh dari type ini adalah sensor suhu dimana setiap kenaikan maupun penurunan suhu dapat dideteksi secara kontinyu.

2. Sensor Digital
Sensor diogital adalah sensor yang menghasilkan output diskrit atau on/off. Dalam penggunaan yang paling sederhana sensor ini dapat mendeteksi on atau off saja namun dalam perkembanganya dapat pula dipergunakan dalam mengukur kecepatan karena dikonversikan menjad outpu BIT.

Menurut penggunaanya sensor mempunya banyak sekali jenis. Kali ini kita bahas jenis sensor yang sering dipergunakan dalam industi secara umum.
berikut jenis-jenis sensor yang umum dipergukan dalam industri dan penjelasan singkatnya

Prinsip kerja sensor type ini adalah mendeteksi gangguan yang menghalangi transmitter dan receiver. Jadi ketika ada benda yang menghalangi cahaya yang dipancarkan transmitter ke receiver maka sensor ini akan memberikan informasi ke system. Pada aplikasinya transmitter dan receiver bisa dalam satu device dan menggunakan cermin sebagai pantulan dari transmitter ke receiver. Dan ada pula yg menggunakan dua device terpisah antara transmitter dan receiver.

Pada dasarnya sensor ini cara kerjanya hampir sama dengan photoelectric sensor. Namun yang membedakan adalah sinyal dari transmitter langsung dipantulkan ke obyek dan ditangkap oleh receiver. Sehingga receiver dan transmitter hanya memerlukan satu device. Dan kalau photoelectric mendeteksi gangguan benda diantara transmitter dan receiver fiber optic mendeteksi lebih ke perubahan warna benda maupun gelap terang benda. Dalam aplikasinya fiber optic sensor dipergunakan untuk mendeteksi marking obyek yang ingin dideteksi.

Proximity sensor bekerja dengan prinsip mendeteksi logam. Pada aplikasinya sensor ini dipergukan untuk mendeteksi posisi dari jarak tertentu suatu benda logam dan dalam suatu system dapat juga untuk mendeteksi posisi putaran gear.

Rotary encoder merupakan sensor yang mendeteksi kecepatan putaran motor, arah putaran motor, dan posisi as motor. Prinsip kerja sensor ini secara umum adalah dengan merubah suatu posisi dari sudut roda dan menghitungnya dengan kode digital sehingga dapat diperoleh informasi tentang kecepatan, posisi, dan arah putaran motor


Demikian penjelasan umum sensor yang umum dipakai dalam industri dan kehidupan sehari hari. Jika membutuhkan penjelasan lebih detail bisa lanngsung di klik sensor yang di inginkan.
Terimakasih semoga kita bisa terus belajar bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar